End In My Mind
Knowledge Warehouse
HTML Extentions
Categories: Sistem Multimedia

Pertanyaan

HTML extentions ada beraneka ragam yaitu DHTML, XML, AJAX, CSS, HTML 5. Menurut anda, apakah untuk merancang sebuah website, semua itu harus ada? Silakan berikan pendapat!

Jawaban

Sebelum masuk ke bagian opini, lebih baik saya mengenal dulu istilah di atas :

Dynamic HTML (DHTML)

Dynamic HTML adalah istilah untuk membuat halaman web yang interaktif dan dinamis. DHTML bukan merupakan suatu bahasa pemrograman dan mengkombinasikan bahasa pemrograman HTML, CSS, Javascript, dan Document Object Model.

DHTML mengizinkan skrip bahasa pemrograman untuk diubah menjadi variabel pada setiap pendefenisian bahasa pemrograman halaman web. Skrip tersebut yang menghasilkan perubahan tampilan dan fungsinya setelah halaman web ditampilkan. DHTML biasanya digunakan untuk membuat tombol rollover halaman web yang interaktif.

Extensible Markup Languange (XML)

  • Bahasa markup yang mengkombinasian antara teks dengan informasi tambahan mengenai teks.
  • Digunakan untuk membuat dokumen markup dalam hal keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam.
  • XML adalah kelanjutan dari HTML yang merupakan bahasa standar untuk melacak internet.

Asyncronous Javascript And XML (AJAX)

Asyncronous Javascript And XML (AJAX) adalah kombinasi dari berbagai teknologi web, yaitu HTML, Javascript, XML, DHTML, dan DOM. Dengan AJAX, aplikasi web dapat mengambil data dari server secara Asyncronous, hal ini yang memungkinkan halaman web merequest sejumlah kecil data dari server tanpa harus me-reload seluruh halaman website.

HTML 5

Sebuah bahasa markup untuk menstrukturkan dan menampilkan isi dari World Wide Web. HTML 5 adalah revisi kelima dari HTML. Tujuan pengembangan HTML5 adalah untuk memperbaiki teknologi HTML agar mendukung teknologi multimedia terbaru, mudah dibaca oleh manusia dan juga mudah dimengerti oleh mesin, fitur baru harus didasarkan pada HTML, CSS, DOM, dan JavaScript, mengurangi kebutuhan untuk plugin eksternal ( Seperti Flash ), penanagan kesalahan yang lebih baik, lebih markup untuk menggantikan scripting.

Opini

Menurut saya, untuk merancang suatu website, tidak semua harus ada karena kita harus menyesuaikan desain aplikasi multimedia untuk penggunaan di World Wide Web. Setiap extension memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing serta punya kegunaan khusus untuk website yang ingin dibuat contohnya aplikasi google map dan gmail dikembangkan dengan teknik AJAX. Pada umumnya, untuk membuat website digunakan HTML 5 beserta CSS (Cascading Style Sheet) karena HTML 5 sudah mendukung beberapa browser seperti safari, chrome, firefox, opera, dan internet explorer. CSS digunakan untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga web akan lebih terstruktur dan seragam.

Leave a Reply